Tips Membuat Nasi Tumpeng agar Terlihat Menarik

Siapa sih yang tidak mengenal dengan sebutan nasi tumpeng? Pastinya hampir semua orang mengenal dengan nasi yang berbentuk kerucut ini. Nasi tumpeng merupakan nasi yang biasanya khusus disajikan dalam acara-acara tertentu seperti selamatan rumah, acara ulang tahun, peresmian perusahaan, acara naik jabatan,  pembukaan usaha, dan berbagai acara lainnya. Nasi tumpeng termasuk makanan khas Indonesia. Yang mana nasi yang berbentuk kerucut ini sudah ada sejak lama. Selain ciri khas dari bentuknya yang kerucut ciri khas lain nasi tumpeng yaitu warna nasi yang kuning dan lauk pauknya. Jika Anda perlu nasi tumpeng, sejatinya tidak perlu harus selalu beli atau pesen karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan memperindah nasi agar terlihat menarik. Untuk membuat nasi tumpeng agar terlihat menarik bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun, bukan tidak mungkin nasi tumpeng akan terlihat menarik bila Anda bisa menghias atau membuat nasi ini dengan baik. Jika Anda bingung bagaimana caranya membuat nasi tumpeng agar terlihat menarik, berikut ini tipsnya.

Buat warna nasi semenarik mungkin

Sudah disinggung pada pembukaan bahwa nasi tumpeng sejatinya tidak hanya berwarna kuning tapi ada juga berwarna putih. Namun, untuk membuat tampilan nasi kerucut ini agar terlihat menarik akan lebih baik buat nasi tumpeng yang berwarna kuning. Karena, dengan warna kuning ini akan membuat orang yang melihatnya lebih tertarik dari pada warna putih. Untuk menghasilan warna nasi yang kuning Anda bisa gunakan bahan alami bumbu dapur yaitu kunyit. Caranya parut kunyit hingga halus dan rebus setelah itu disaring airnya. Nah, air rebusan dari kunyit inilah yang digunakan untuk memasak beras agar hasil nasi kuning. Tambahan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon setelah nasi hampir masak secara rata yang mana fungsinya agar nasinya terlihat lebih kuning dan mengkilap.

Cetak nasi dengan hati-hati

Setelah nasi masak, tips kedua untuk membuat nasi ini terlihat menarik yaitu cetak nasi dengan hati-hati. Karena, untuk membuat nasi agar berbentuk kerucut sangat sulit termasuk orang-orang yang sudah sering membuatnya sehingga Anda harus berhati-hati. Agar hasilnya bagus dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan Anda bisa menggunakan cetakan yang khusus untuk membuat nasi tumpeng tapi harus tetap menggunakan trik ya. Triknya yaitu pastikan bagian ujung nasi benar-benar pada dan beri lapisan daun pisang pada ujung cetakan agar nasi tidak hancur.

Lengkapi nasi dengan berbagai masakan

Tips yang ketiga agar nasi tumpeng terlihat menarik yaitu lengkapi nasi dengan berbagai masakan. Sudah menjadi ciri khas kalau nasih tumpeng langsung disajikan dengan berbagai pelengkap masakan lainnya seperti irisan telur, sambel tempe, mie, ayam goren atau ayam bakar, tempe goreng, tahu, peyek, dan lain sebagainya. Untuk masalah pelengkap nasi tumpeng bisa Anda pilih sendiri.

Hiasi nasi dengan bahan-bahan segar

Terakhir yang tidak kalah pentingnya untuk membuat nasi tumpeng agar terlihat menarik yaitu hiasi dengan bahan-bahan segar. Maksudnya, Anda bisa menghiasi sekita nasi menggunakan bahan-bahan yang masih segar seperti timun, cape, wortel, tomat, selada, dan daun bawang. Bahan-bahan ini bisa Anda bentuk seperti bunga. Dengan begitu, tampilan nasi akan menarik dan agar lebih terlihat menarik lagi pada bagian pinggir wadah nasi diberi hiasan menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti segitiga tapi mengelilingi wadah yang digunakan.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar membuat nasi tumpeng dan ingin hasilnya terlihat menarik, semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *